Rabu, 01 April 2015

PELANGGARAN HAK WNI

GERAKAN ACEH MERDEKA

Pemberontakan yang telah tejadi didaerah Aceh (pemberontakan GAM) memiliki pengaruh yang besar tehadap kondisi-kondisi yang ada. Konflik yang berlangsung di Aceh telah menimbulkan dampak yang parah terhadap berbagai komponen masyarakat sipil Aceh. Pemberontakan tersebut menimbulkan korban jiwa dan kerusakan fisik terhadap warga Aceh. Ribuan orang yang dicintai (orang tua, istri, suami dan anak-anak) telah gugur mengalami penyiksaan dan cacat, menjadi janda dan anak yatim piatu. Ribuan orang telah kehilangan tempat tinggal dan ribuan lainnya kehilangan pekerjaan dan mata pencaharian. Lebih jauh dari itu, masyarakat sipil hamper tidak memiliki akses terhadap hokum, sementara sebagian besar lembaga pengadilan tidak berfungsi lagi.
Beberapa pengaruh  lainnya yang di timbulkan dengan adanya pemberontakan GAM terhadap ketahanan nasional Indonesia yaitu pengaruhnya yang masuk dalam berbagai aspek kehidupan bernegara, yang paling tampak terutama terhadap kesatuan dan persatuan yang secara otomatis akan menimbulkan perpecahan lalu akan memotivasi daerah lain yang mempunyai keinginan memberontak di saat pemerintah sedang mengurusi masalah masalah GAM. Ratusan sekolah terbakar, sehingga mengganggu proses pendidikan yang ada diwilayah tersebut. Kerusakan sarana pendidikan dan pemerintahan serta infrastruktur lainnya tersebut terjadi dalam jumlah yang cukup besar. Gerakan separatis di Aceh telah banyak melibatkan penggunaan sumberdaya nasional, dan akibatnya telah menimbulkan korban jiwa dan harta benda yang tidak kecil.
Berdasarkan kasus yang terjadi di atas tanggapan saya adalah sebagai warga Negara yang baik, seharusnya kita bisa memikirkan hak-hak warga Negara yang ada di suatu daerah. Termasuk yang terjadi pada kasus GAM tersebut, sebagai manusia kita tidak boleh mementingkan kebutuhan ataupun keinginan diri sendiri. Kita juga harus mementingkan kebutuhan dan keinginan orang lain. Karena di Indonesia setiap orang memiliki hak untuk memilih sesuai dengan peraturan yang ada di Indonesia. Selain itu kita sebagai warga Negara Indonesia seharusnya membangun dan menghidupkan rasa untuk bersatu. Selain itu kita tahu bahwa di Indonesia terdapat lima agama bukan hanya Islam, masih banyak agama lainnya yang memiliki hak untuk hidup dan hak beragama. Selain itu sebagai warga Negara Indonesia kita perlu mencagah terjadinya konflik dalam kehidupan bermasyarakat. Karena dengan adanya kesamaan pandangan antara masyarakat dengan pemerintahan maka dengan mudah pemerintah dapat menentukan politik dan bisa memajukan sebuah Negara. Dengan adanya persatuan di sebuah Negara maka akan tercipta sebuah Negara yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar