Rabu, 07 Januari 2015

KUIL SURGA (TIAN TAN)

Tian Tan () atau dalam Bahasa Indonesia, Kuil Surga adalah tempat pemujaan agama Tao yang terletak di Beijing Dibagun pada abad 15 M tepatnya dimulai tahun 1420 M (Dinasti Ming) dan dibuat di atas lahan seluas 2.700 KM².
Arsitekturnya menyimbolkan hubungan bumi dan langit (manusia dan Tuhannya). Ini berkaitan dengan kaisar sebagai anak langitdalam kepercayaan Mitologi Cina. Dibangun sebagai persembahan untuk langit. Ini adalah alasan mengapa Kota Terlarangberukuran lebih kecil, karena kaisar tidak berani membuat tempat tinggal yang lebih besar daripada kuil langit {Tuhan).
Tian Tan dikelilingi tembok yang panjang. Di bagian utara dibuat agak bulat menyimbolkan langit dan selatan persegi menyimbolkanbumi.Hal ini selaras dengan pemikiran Tiongkok kuno yang berbunyi Surga itu bulat dan bumi itu persegi. Bagian utara juga dibuat lebih tinggi dari bagian selatannya.

Bangunan kuil ini dibuat dengan kayu tanpa paku alias dengan pasak dan memang dibuat anti gempa. Yang paling menakjubkan atap kuil tersebut dibuat dari keramik warna biru yang rumit. Dibutuhkan biaya USD 6 juta dollar untuk merenovasi bangunan bersejarah ini. Tapi semua terbayarkan kembali dengan kunjungan ratusan wisawatan setiap hari ke kuil ini.
Terdapat hiasan naga di dinding-dinding bangunan, tiang penyangga, dan atap dari bangunan ini, yang merupakan lambang khas Tionghoa. Gaya arsitek bangunan ini pun sangat enak dilihat, setiap sudut bangunannya dibuat dengan detail dan hati-hati. Halaman atau pelataran depan kuil ini terbuat dari batu yang ditata rapi, dan dipagari dengan pagar dari batu yang diukir. Pelataran bangunan ini mirip pelataran yang ada di Istana Terlarang. Dilihat dari luar, bangunan ini mirip seperti bangun kerucut, dimana berbentuk bulat dengan puncak lancip. 


sumber : 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar